AQIDATUL AWAM

AQIDATUL AWAM


أَبْـدَأُ بِـاسْمِ اللهِ وَالرَّحْـمَنِ * وَبِالرَّحِـيْـمِ دَائـِمِ اْلإِحْـسَانِ

Abdau bismillahi wa rohmani – wa birohimi daimil ihsani

Saya memulai dengan nama Allah, Zat yang Maha Pengasih, dan Maha Penyayang yang senantiasa memberikan kenikmatan tiada putusnya.

فَالْحَـمْـدُ ِللهِ الْـقَدِيْمِ اْلأَوَّلِ * اَلآخِـرِ الْبَـاقـِيْ بِلاَ تَحَـوُّلِ

Falhamdulillahil qodimil awali – al akhiril baqi bila tahawuli

Maka segala puji bagi Allah Yang Maha Dahulu, Yang Maha Awal, Yang Maha Akhir, Yang Maha Tetap tanpa ada perubahan.

ثُمَّ الـصَّلاَةُ وَالسَّلاَمُ سَـرْمَدَا * عَلَى الـنَّـبِيِّ خَيْرِ مَنْ قَدْ وَحَّدَا

Tsuma sholatu wassalamu sarmada – ‘ala nabiyi khoiri man qod wahada

Kemudian, semoga shalawat dan salam senantiasa tercurahkan pada Nabi sebaik-baiknya orang yang meng-Esakan Allah.

وَآلِهِ وَصَـحْبِهِ وَمَـنْ تَـبِـعْ * سَـبِيْلَ دِيْنِ الْحَقِّ غَيْرَ مُـبْـتَدِعْ

Wa alihi washohbihi waman tabi’ – sabiladinil haqi ghoiro mubtadi

Dan keluarganya, para sahabatnya dan orang-orang yang mengikuti jalan agama secara benar bukan orang-orang yang berbuat bid’ah

وَبَعْدُ فَاعْلَمْ بِوُجُوْبِ الْمَعْرِفَـهْ * مِنْ وَاجِـبٍ ِللهِ عِشْـرِيْنَ صِفَهْ

Waba’du fa’lam bi wujubil ma’rifah – min wajibi lillahi ‘isrina shifah

Dan setelahnya Ketahuilah dengan yakin bahwa Allah itu mempunyai 20 sifat wajib.

فَاللهُ مَوْجُـوْدٌ قَـدِيْمٌ بَاقِـي * مُخَالـِفٌ لِلْـخَـلْقِ بِاْلإِطْلاَقِ

Fallohu maujudun qodimun baqi – mukholiful lilkholqi bil itlaqi

Allah itu Ada, Qodim, Baqi dan berbeda dengan makhluk-Nya secara mutlak.

 

وَقَـائِمٌ غَـنِيْ وَوَاحِـدٌ وَحَيّ * قَـادِرْ مُـرِيْـدٌ عَـالِمٌ بِكُلِّ شَيْ

Waqoimun ghoni wa wahidun wahay – qodir muridun ‘alimun biqulisyai

Berdiri sendiri, Maha Kaya, Maha Esa, Maha Hidup, Maha Kuasa, Maha Menghendaki, Maha Mengetahui atas segala sesuatu.

سَـمِـيْعٌ اْلبَصِـيْرُ وَالْمُتَكَلِّـمُ * لَهُ صِـفَاتٌ سَـبْعَـةٌ تَـنْـتَظِمُ

Sami’unil bashiru wal mutakalimu – lahu shifatun sab’atun tantadhimu

Maha Mendengar, Maha Melihat, Maha Berbicara, Allah mempunyai 7 sifat yang tersusun.

فَقُـدْرَةٌ إِرَادَةٌ سـَمْـعٌ بـَصَرْ * حَـيَـاةٌ الْعِلْـمُ كَلاَمٌ اسْـتَمَرْ

Faqud rotun irodatun sam’un bashor – hayatunil ‘ilmu kalamu nistamar

yaitu Berkuasa, Menghendaki, Mendengar, Melihat, Hidup, Mempunyai Ilmu, Berbicara secara terus berlangsung.

وَجَائـِزٌ بِـفَـضْـلِهِ وَ عَدْلِهِ * تَـرْكٌ لـِكُلِّ مُمْـكِـنٍ كَفِعْلِهِ

Wajaizun bifadhlihi wa’adlihi – tarkullikuli mumkinin kafi’lihi

Dengan karunia dan keadilan-Nya, Allah memiliki sifat boleh (wenang) yaitu boleh mengerjakan sesuatu atau meninggalkannya.

أَرْسَـلَ أَنْبِيَا ذَوِي فَـطَـانَـهْ * بِالصِّـدْقِ وَالتَـبْلِـيْغِ وَاْلأَمَانَهْ

Arsala ambiya dawi fatonah – bishidqi wattablighi wal amanah

Allah telah mengutus para nabi yang memiliki 4 sifat yang wajib yaitu cerdas, jujur, menyampaikan (risalah) dan dipercaya.

وَجَـائِزٌ فِي حَـقِّهِمْ مِنْ عَرَضِ * بِغَيْـرِ نَقْصٍ كَخَـفِيْفِ الْمَرَضِ

Waja-izun fi haqihim min ‘arodhi – min ghoiri naqshin kakhofi fil marodhi

Dan boleh di dalam hak Rosul dari sifat manusia tanpa mengurangi derajatnya, misalnya sakit yang ringan.

عِصْـمَـتُهُمْ كَسَائِرِ الْمَلاَئِكَهْ * وَاجِـبَـةٌ وَفَاضَلُوا الْمَـلاَئِكَهْ

‘ismatuhum kasairil malaikat – wajibatun wa fadholul malaikat

Mereka mendapat penjagaan Allah (dari perbuatan dosa) seperti para malaikat seluruhnya. (Penjagaan itu) wajib bahkan para Nabi lebih utama dari para malaikat.

وَالْمُسْـتَحِيْلُ ضِدُّ كُلِّ وَاجِبِ * فَاحْفَظْ لِخَمْسِـيْنَ بِحُكْمٍ وَاجِبِ

Wal mustahilu dhidu kulli wajibi – fahfadh likhomsina bihukmin wajibi

Dan sifat mustahil adalah lawan dari sifat yang wajib maka hafalkanlah 50 sifat itu sebagai ketentuan yang wajib.

تَفْصِيْلُ خَمْسَةٍ وَعِشْـرِيْنَ لَزِمْ * كُـلَّ مُـكَلَّـفٍ فَحَقِّقْ وَاغْـتَنِمْ

Tafshilu khomsatin wa ‘isrina lazim – kula mukalafin fahaqqiq waghtanim

Adapun penjabaran nama para Rosul ada 25 itu wajib diketahui bagi setiap mukalaf, maka yakinilah dan ambillah keuntungannya.

هُمْ آدَمٌ اِدْرِيْسُ نُوْحٌ هُـوْدُ مَعْ * صَالِـحْ وَإِبْرَاهِـيْـمُ كُلٌّ مُـتَّبَعْ

Hum adamun idrisun nuhun hudu ma’ – sholih wa ibrohimu kullu mutaba’

Mereka adalah Nabi Adam, Idris, Nuh, Hud serta Sholeh, Ibrahim (yang masing-masing diikuti berikutnya).

لُوْطٌ وَاِسْـمَاعِيْلُ اِسْحَاقُ كَذَا * يَعْقُوبُ يُوسُـفُ وَأَيُّوْبُ احْتَذَى

Luthun wa isma’ilu ishaqu kadza – ya’qubu yusufu wa ayubuhtadza

Luth, Ismail dan Ishaq demikian pula Yaqub, Yusuf dan Ayyub dan selanjutnya.

شُعَيْبُ هَارُوْنُ وَمُوْسَى وَالْيَسَعْ * ذُو الْكِـفْلِ دَاوُدُ سُلَيْمَانُ اتَّـبَعْ

Syu’aibu harunu wamusa wal yasa’ – dzulkifli dawudu sulaimanuttaba’

Syuaib, Harun, Musa dan Alyasa’, Dzulkifli, Dawud, Sulaiman yang diikuti.

إلْيَـاسُ يُوْنُسْ زَكَرِيـَّا يَحْيَى * عِيْسَـى وَطَـهَ خَاتِمٌ دَعْ غَـيَّا

Ilyasu yunusu zakariya yahya – ‘isa wa thoha khotimun da’ ghoya

Ilyas, Yunus, Zakaria, Yahya, Isa dan Thaha (Muhammad) sebagai penutup, maka tinggalkanlah jalan yang menyimpang dari kebenaran

عَلَـيْهِمُ الصَّـلاَةُ وَالسَّـلاَمُ * وَآلِـهِمْ مـَا دَامَـتِ اْلأَيـَّـامُ

‘alaihimu sholatu wasalamu – wa alihi madamatil ayamu

Semoga shalawat dan salam terkumpulkan pada mereka dan keluarga mereka sepanjang masa.

وَالْمَـلَكُ الَّـذِيْ بِلاَ أَبٍ وَأُمْ * لاَ أَكْلَ لاَ شُـرْبَ وَلاَ نَوْمَ لَـهُمْ

Wal malakuladzi bila abi wa um – la aklala syurba wala nauma lahum

Adapun para malaikat itu tetap tanpa bapak dan ibu, tidak makan dan tidak minum serta tidak tidur.

تَفْـصِـيْلُ عَشْرٍ مِنْهُمُ جِبْرِيْلُ * مِـيْـكَـالُ اِسْـرَافِيْلُ عِزْرَائِيْلُ

Tafshilu ‘asyrimmihumu jibrilu – mikalu isrofilu ‘izroilu

Secara terperinci mereka ada 10, yaitu Jibril, Mikail, Israfil, dan Izrail.

مُنْـكَرْ نَكِـيْرٌ وَرَقِيْبٌ وَكَذَا * عَتِـيْدٌ مَالِكٌ ورِضْوَانُ احْتَـذَى

Munkar nakirun wa roqibun wakadza – ‘atidun malikun waridhwa nuhtada

Munkar, Nakiir, dan Roqiib, demikian pula ‘Atiid, Malik, dan Ridwan dan selanjutnya.

أَرْبَـعَـةٌ مِنْ كُتُبٍ تَـفْصِيْلُهَا * تَوْارَةُ مُوْسَى بِالْهُدَى تَـنْـزِيْلُهَا

Arba’atun min kutubin tafsiluha – taurotu musa bil huda tanziluha

Empat dari Kitab-kitab Suci Allah secara terperinci adalah Taurat bagi Nabi Musa diturunkan dengan membawa petunjuk.

 

زَبُـوْرُ دَاوُدَ وَاِنْجِـيْـلُ عَلَى * عِيْـسَى وَفُـرْقَانُ عَلَى خَيْرِ الْمَلاَ

Zaburu dawuda wa injilu ‘ala – ‘isma wafurqonu khoiril mala

Zabur bagi Nabi Dawud dan Injil bagi Nabi Isa dan Al-Qur’an bagi sebaik-baik kaum (Nabi Muhammad SAW).

وَصُحُـفُ الْخَـلِيْلِ وَالْكَلِيْمِ * فِيْهَـا كَلاَمُ الْـحَـكَمِ الْعَلِـيْمِ

Wa shuhuful kholili wal kalami – fiha kalamul hakamil ‘alimi

Dan lembaran-lembaran (Shuhuf) suci yang diturunkan untuk Al-Kholil (Nabi Ibrohim) dan Al-Kaliim (Nabi Musa) mengandung Perkataan dari Yang Maha Bijaksana dan Maha Mengetahui.

وَكُـلُّ مَا أَتَى بِهِ الـرَّسُـوْلُ * فَحَـقُّـهُ التَّسْـلِـيْمُ وَالْقَبُوْلُ

Wakuluma ata bihi rosulu – fahaqquhu taslimu wal qobulu

Dan segala apa-apa yang disampaikan oleh Rasulullah, maka kita wajib pasrah dan menerima.

إِيْـمَـانُنَا بِـيَوْمِ آخِرٍ وَجَبْ * وَكُلِّ مَـا كَانَ بِـهِ مِنَ الْعَجَبْ

Imanuna biyaumi akhhirin wajab – wakuli ma kana bihi minal ‘ajab

Keimanan kita kepada Hari Akhir hukumnya wajib, dan segala perkara yang dahsyat pada Hari Akhir.

خَاتِمَةٌ فِي ذِكْرِ بَاقِي الْوَاجِبِ * مِمَّـا عَـلَى مُكَلَّفٍ مِنْ وَاجِبِ

Khotimatun fi dzikri baqil wajibi – mima ‘ala mukalafin min wajibi

Sebagai penutup untuk menerangkan ketetapan yang wajib, dari hal yang menjadi kewajiban bagi mukalaf.

نَبِـيُّـنَا مُحَمَّدٌ قَدْ أُرْسِــلاَ * لِلْـعَالَمِـيْـنَ رَحْـمَةً وَفُضِّلاَ

Nabiyuna muhammadun qod ursila – lil ‘alamina rohmatan wa fudhila

Nabi kita Muhammad telah diutus untuk seluruh alam sebagai Rahmat dan keutamaan diberikan kepada beliau SAW melebihi semua.

أَبـُوْهُ عَبْدُ اللهِ عَبْدُ الْمُطَّلِـبْ * وَهَاشِـمٌ عَبْدُ مَنَافٍ يَنْتَسِـبْ

Abuhu ‘abdullohi ‘abdul mutholib – wa hasyimun ‘abdu manafin yantasib

Ayahnya bernama Abdullah putra Abdul Mutalib, dan nasabnya bersambung kepada Hasyim putra Abdu Manaf.

وَأُمُّـهُ آمِـنَةُ الـزُّهْــرِيـَّهْ * أَرْضَـعَتْهُ حَلِيْمَـةُ السَّـعْدِيـَّهْ

Wa ummuhu aminatu zuhriyyah – ardho’athu halimatu sa’diyyah

Dan ibunya bernama Aminah Az-Zuhriyah, yang menyusui beliau adalah Halimah As-Sadiyyah.

 

 

مَوْلـِدُهُ بِمَـكَّـةَ اْلأَمِيْــنَهْ * وَفَاتُـهُ بِـطَـيْـبَةَ الْـمَدِيْنَهْ

Mauliduhu bimakatal aminah – wafatuhu bithoibatal madinah

Lahirnya di Makkah yang aman, dan wafatnya di Toyibah (Madinah).

أَتَـمَّ قَـبْـلَ الْـوَحْيِ أَرْبَعِيْنَا * وَعُـمْـرُهُ قَدْ جَاوَزَ السِّـتِّيْنَا

Atama qoblal wahyi arba’ina – wa ‘umruhu qodjawaza sitinah

Sebelum turun wahyu, nabi Muhammad telah sempurna berumur 40 tahun, dan usia beliau 60 tahun lebih.

وَسَـبْـعَةٌ أَوْلاَدُهُ فَمِـنْـهُمُ * ثَلاثَـةٌ مِـنَ الذُّكـُوْرِ تُـفْهَمُ

Wa sab’atun auladuhu faminhumu – tsalatsatun mina dzukuri tufhamu

Ada 7 orang putra-putra nabi Muhammad, di antara mereka 3 orang laki-laki, maka pahami itu.

قَاسِـمْ وَعَبْدُ اللهِ وَهْوَ الطَّيِّبُ * وَطَاهِـرٌ بِذَيْـنِ ذَا يُـلَـقَّبُ

Qosim wa ‘abdullohi wahwa thoyibu – wathohirun bidzaini dza yulaqobu

Qasim dan Abdullah yang bergelar At-Thoyyib dan At-Thohir, dengan 2 sebutan inilah (At-Thoyyib dan At-Thohir) Abdullah diberi gelar.

أَتَاهُ إبْرَاهِـيْـمُ مِنْ سُـرِّيـَّهْ * فَأُمُّـهُ مَارِيَّةُ الْـقِـبْـطِـيَّـهْ

Atahu ibrohimu min surriyah – fa ummuhu mariyatul qibtiyah

Anak yang ketiga bernama Ibrohim dari Sariyyah (Amat perempuan), ibunya (Ibrohim) bernama Mariyah Al-Qibtiyyah.

وَغَيْـرُ إِبْرَاهِيْمَ مِنْ خَـدِيْجَهْ * هُمْ سِتَـةٌ فَخُـذْ بِهِمْ وَلِـيْجَهْ

Wa ghoiru ibrohima min khodzijah – hum sittatun fakhud bihim walijah

Selain Ibrohim, ibu putra-putri Nabi Muhammad berasal dari Khodijah, mereka ada 6 orang (selain Ibrahim), maka kenalilah dengan penuh cinta.

وَأَرْبَعٌ مِـنَ اْلإِنَاثِ تُـذْكَـرُ * رِضْـوَانُ رَبِّي لِلْجَمِـيْعِ يُذْكَرُ

Wa arba’un minal inatsi tudzkaru – ridhwanu robbi liljami’I yudzkaru

Dan 4 orang anak perempuan Nabi akan disebutkan, semoga keridhaan Allah untuk mereka semua.

فَاطِـمَـةُ الزَّهْرَاءُ بَعْلُهَا عَلِيْ * وَابْنَاهُمَا السِّـبْطَانِ فَضْلُهُمُ جَلِيْ

Fatimatu zahroi ba’luha ‘ali – wabnahuma sibthoini fadhluhum jail

Fathimah Azzahro yang bersuamikan Ali bin Abi Tholib, dan kedua putra mereka (Hasan dan Husein) adalah cucu Nabi yang sudah jelas keutamaannya.

فَزَيْـنَبٌ وَبَعْـدَهَـا رُقَـيَّهْ * وَأُمُّ كُـلْـثُـومٍ زَكَـتْ رَضِيَّهْ

Fa zainabun wa ba’daha riqoyah – wa ummu kultsumin zakat rodhiyyah

Kemudian Zaenab dan selanjutnya Ruqayyah, dan Ummu Kultsum yang suci lagi diridai.

عَنْ تِسْعِ نِسْوَةٍ وَفَاةُ الْمُصْطَفَى * خُيِّـرْنَ فَاخْتَرْنَ النَّـبِيَّ الْمُقْتَفَى

‘an tis’I niswatin wa faatul mushthofa – khuyyirna fakhtarna nabiyal mushthofa

Dari 9 istri Nabi ditinggalkan setelah wafatnya, mereka semua telah diminta memilih surga atau dunia, maka mereka memilih nabi sebagai panutan.

عَائِشَـةٌ وَحَفْصَـةٌ وَسَـوْدَةُ * صَـفِيَّـةٌ مَـيْـمُـوْنَةٌ وَ رَمْلَةُ

‘aisatun wa hafshotun wa saudah – shofiyatun maimunatun wa romlah

‘Aisyah, Hafshah, dan Saudah, Shofiyyah, Maimunah, dan Romlah.

هِنْدٌ وَ زَيْـنَبٌ كَذَا جُوَيـْرِيَهْ * لِلْمُـؤْمِـنِيْنَ أُمَّـهَاتٌ مَرْضِـيَّهْ

Hindun wa zainabun kadza juwairiyah – lil mukminina ummahatun mardhiyyah

Hindun dan Zaenab, begitu pula Juwairiyyah, Bagi kaum mukmin mereka menjadi ibu-ibu yang diridai.

حَمْـزَةُ عَمُّـهُ وعَـبَّاسٌ كَذَا * عَمَّـتُـهُ صَـفِيَّـةٌ ذَاتُ احْتِذَا

Hamzatun ‘ammahu wa ‘abbasu kadza – ‘ammatuhu shofiyyatun dzatuhtidza

Hamzah adalah Paman Nabi demikian pula ‘Abbas, Bibi Nabi adalah Shofiyyah yang mengikuti Nabi.

وَقَبْـلَ هِجْـرَةِ النَّـبِيِّ اْلإِسْرَا * مِـنْ مَـكَّةَ لَيْلاً لِقُدْسٍ يُدْرَى

Wa qobla hijroti nabiyyil isro – min makatin lailan liqudsin yudro

Dan sebelum Nabi Hijrah (ke Madinah), terjadi peristiwa Isro’. Dari Makkah pada malam hari menuju Baitul Maqdis yang dapat dilihat.

وَبَعْدَ إِسْـرَاءٍ عُرُوْجٌ لِلسَّـمَا * حَتَّى رَأَى النَّـبِيُّ رَبًّـا كَـلَّمَا

Wa ba’da isroin ‘urujun lissama – hatta roa nabiyyu rubban kullama

Setelah Isro’ lalu Mikraj (naik) ke atas sehingga Nabi melihat Tuhan yang berkata-kata.

مِنْ غَيْرِكَيْفٍ وَانْحِصَارٍ وَافْـتَرَضْ * عَلَيْهِ خَمْسًا بَعْدَ خَمْسِيْنَ فَرَضْ

Min ghoiri kaifin wanhishorin waftaridh – ‘alaihi khomsan ba’da khomsina farodh

Berkata-kata tanpa bentuk dan ruang. Di sinilah diwajibkan kepadanya (salat) 5 waktu yang sebelumnya 50 waktu.

وَبَـلَّـغَ اْلأُمَّـةَ بِاْلإِسْــرَاءِ * وَفَـرْضِ خَـمْـسَةٍ بِلاَ امْتِرَاءِ

Wa balaghil ummata bil isroi – wa fardhi khomsatin bilamtiroi

Dan Nabi telah menyampaikan kepada umat peristiwa Isro’ tersebut. Dan kewajiban salat 5 waktu tanpa keraguan.

قَدْ فَازَ صِـدِّيْقٌ بِتَصْـدِيْقٍ لَهُ * وَبِالْعُرُوْجِ الصِّـدْقُ وَافَى أَهْلَهُ

Qod faza shiddiqun bitashdiqin lahu – wa bil ‘uruji shidqu wa fa ahlahu

Sungguh beruntung sahabat Abu Bakar As-Shiddiq dengan membenarkan peristiwa tersebut, juga peristiwa Mikraj yang sudah sepantasnya kebenaran itu disandang bagi pelaku Isro’ Mikraj.

وَهَـذِهِ عَقِيْـدَةٌ مُخْـتَصَرَهْ * وَلِلْـعَـوَامِ سَـهْـلَةٌ مُيَسَّرَهْ

Wa hadihi ‘aqidatun mukhtashoroh – wa lil’awamili sahlatun muyassaroh

Inilah keterangan Aqidah secara ringkas bagi orang-orang awam yang mudah dan gampang.

نَاظِمُ تِلْكَ أَحْـمَدُ الْمَرْزُوْقِيْ * مَنْ يَنْتَمِي لِلصَّـادِقِ الْمَصْدُوْقِ

Nadhimu tilka ahmadul marzuqi – man yantami lishodiqil mashduqi

Yang di nadhomkan oleh Ahmad Al Marzuqi, seorang yang bernisbat kepada Nabi Muhammad (As-Shodiqul Mashduq).

وَالْحَمْدُ ِللهِ وَصَـلَّى سَـلَّمَا * عَلَـى النَّبِيِّ خَيْرِ مَنْ قَدْ عَلَّـمَا

Walhamdu lillahi washolla sallama – ‘ala nabiyyu khoiri man qod ‘allama

Dan segala puji bagi Allah serta Shalawat dan Salam tercurahkan kepada Nabi sebaik-baik orang yang telah mengajar.

 

 

وَاْلآلِ وَالصَّـحْبِ وَكُلِّ مُرْشِدِ * وَكُلِّ مَـنْ بِخَيْرِ هَدْيٍ يَقْتَدِيْ

Wal ali wa shohbi wakulli mursyidi – wakuli man bikhoirin hadyin yaqtadi

Juga kepada keluarga dan sahabat serta orang yang memberi petunjuk dan orang yang mengikuti petunjuk.

وَأَسْـأَلُ الْكَرِيْمَ إِخْلاَصَ الْعَمَلْ * ونَفْعَ كُلِّ مَنْ بِهَا قَدِ اشْـتَغَلْ

Wa as alul karima ikhlashol ‘amal – wa naf’a kulla man biha qodisytaghol

Dan saya mohon kepada Allah yang Maha Pemurah keikhlasan dalam beramal dan manfaat bagi setiap orang yang berpegang teguh pada aqidah ini.

أَبْيَاتُهَا ( مَيْـزٌ ) بِـعَدِّ الْجُمَلِ * تَارِيْخُهَا ( لِيْ حَيُّ غُرٍّ ) جُمَلِ

Abyatuha maizun bi ‘addil jumali – tarikhuha li hayyu ghurrin jumali

Nadhom ini ada 57 bait dengan hitungan abjad, tahun penulisannya 1258 Hijriah.

سَـمَّيْـتُهَا عَـقِـيْدَةَ الْعَوَامِ * مِـنْ وَاجِبٍ فِي الدِّيْنِ بِالتَّمَامِ

Sammaituha ‘aqidatal ‘awama – min wajibin fiddiini bittamaali

Aku namakan aqidah ini Aqidatul Awam, keterangan yang wajib diketahui dalam urusan agama dengan sempurna.


Post a Comment

Previous Post Next Post